Tuesday, September 12, 2017

Hati-hati penipuan berkedok ganti meteran listrik! (JOGJA)

Pagi ini, selasa, 12 September 2017 gua lagi sibuk-sibuknya ngerjain tugas akhir yang tiada akhir. hix. Oke abaikan.
Tiba-tiba ada kayak dateng beberapa motor trus agak ramai di depan rumah gua. Gua intip dari jendela kamar, terlihat ada dua motor agak butut dan 3 bapak-bapak dengan pakaian agak buluk namun terlihat seperti preman.

tok... tok... tok...
(gua bukain setengah pintu dengan nahan si pintu biar kebuka sebadan gua nya aja)
Bapak-bapak : mbak ini meteran rumahnya yang mana ya, yang belakang rumah apa yang depan rumah?
Gua : waduh gatau pak, gimana?
Bapak-bapak : soalnya ini mau diganti meterannya, apa digabung aja mbak depan sama belakang?
(yang gua inget rumah gua meterannya emang dibuat dua, biar kalo mati lampu kena giliran, yang mati cuma bagian depan aja atau belakang aja)
Gua : wah ga paham pak gimana?
Bapak-bapak : Saya udah bilang sama ibu kalau mau ganti meteran listrik, saya check ke belakang ya

Kemudian si seorang bapak yang ngajak ngomong gua pergi ke belakang rumah gua, dan dua orang lainnya masi stay di depan rumah gua. Gua reflek langsung ngunci pintu depan (gua punya kebiasaan siapa pun tamunya, gua selalu ga pernah buka pintu lebar-lebar trus langsung gua tutup dan kunci lagi begitu udah selese urusan).
Gua jalan ke belakang ngomong bisik-bisik ke nyokap.

Gua : mah emang mama janjian ganti meteran listrik?
Nyokap : engga, ga pernah janjian

Selanjutnya nyokap gua ngobrol sama seorang bapak tadi yang udah ke belakang rumah (ngobrol keras-keras dengan pintu belakang rumah ga dibuka).

Nyokap : Pak ada apa ya?
Bapak-bapak : Ini bu mau ganti meteran listrik, saya udah janjian sama ibu
Nyokap : Saya ga pernah janjian siapa-siapa untuk ganti meteran listrik
Bapak-bapak: Loh? ibu baru pindah rumah apa? saya udah janjian sama pemilik rumah ini
Nyokap : Pemilik rumah siapa ya pak? salah rumah kali
Bapak-bapak : Bener kok bu, ini rumahnya, apa saya sama janjian sama pemilik rumah lama ya
Nyokap : Maaf pak meteran saya masi bagus dan baru aja diganti, jadi gausah aja
Bapak-bapak : Oh yaudah kalo gitu bu


WHAT???? MAU NIPU LU YA???!!! Secara gua dan keluarga gua udah tinggal di rumah ini selama 11 tahun, dan pemilik rumah lama ga mungkin bikin janji seenaknya tanpa ngasi tau dulu ke keluarga gua.
Dari kejadian ini, sepenglihatan gua, ini tricknya: dari tiga orang bapak-bapak tersebut, 1 orang jalan ke belakang dan yang dua stay di depan rumah. Ketika sang pemilik ngikutin si bapak satu ke belakang rumah, yang dua orang beraksi (((kemungkinan besar akan mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam rumah))). Hal ini pernah terjadi juga di salah satu rumah temen gua di daerah Sleman Jogja, kemudian didapati kalau laptop dan beberapa barang lainnya raib dicuri.

Yang perlu diwaspadai jika lu lagi di rumah sendiri dan mengalami kejadian seperti yang gua alami:
1. Intip dulu siapa yang dateng
2. Kalo meyakinkan dan sudah kenal baru dibukain
3. Kalo mencurigakan lebih baik gausah dibukain
4. Kalo penasaran, bukain tapi separo badan aja pokoknya pintu kebuka hanya selebar badan lu nya aja
5. Kalo si tamu bilang mau service gas/ac/listrik, pastiin ke orang rumah manggil tukang service beneran atau ga
6. Kalo dia bilang kayak di kejadian gua, pastiin dia pakai baju seragam PLN! Kemudian biasanya PLN ga bakal ngirim banyak-banyak orang (apalagi di kejadian gua 3 orang, bayangin aja kalo PLN nyiapin 3 orang tiap rumah untuk pengaduan, misal sehari ada 10.000 rumah ngadu, mereka butuh 10.000x3=30.000 orang teknisi, wah bisa rugi dong si PLN buat bayar teknisi doang).
7. Kalo ada tanda-tanda perampokan langsung telp tetangga/orang terdekat/telp darurat!

Sedikit cerita gua hari ini, terimakasih bapak-bapak yang mau nipu udah ngasih pelajaran ke keluarga gua biar lebih berhati-hati lagi :p

No comments:

Selamat jalan simbah buyut....

Rabu, 21 Maret 2018 Sore ini, menjelang buka puasa, keluarga gua, keluarga pakdhe, keluarga bulek berencana untuk menjenguk simbah buyut y...