Saturday, February 17, 2018

Bangkok!! Surga nya para turis!

Surga? YES! Bangkok adalah surga nya buat belanja murah tapi tetep berkualitas, banyak makanan enak dan murah-murah juga tentunya, kota nya bersih, trotoar untuk pejalan kaki sangat terjaga dan akses kemana-mana sangat mudah karena transportasi disini kebanyakan 24 jam! Beberapa metoda transportasi yang beroperasi 24 jam, yaitu bus yang jalurnya jelas, taximeter yang terjangkau, tuk tuk, ataupun bisa juga memakai ojek kuning motor yang biasanya mangkal di pinggir jalan. Terkecuali untuk BTS Sky train(jam beroperasi 06.00-24.00).

Untuk mengatur jam liburan disini juga mudah banget! Kalian bisa bikin rundown tiap harinya seperti, pagi jalan-jalan ke tempat-tempat wisatanya, siang ke sore ke tempat perbelanjaan, malem ke night market. Banyak pilihan tempat untuk belanja dan pilihan night market. Selanjutnya gua akan bahas yang gua datengin kemaren!

DAY 1
Di bangkok gua landing di DMK dari KNO, gua milih dari KNO karena asli tiket pesawat dari sini lebih murah dari pada dari CGK. Sampai DMK siang jam 1an, trus gua naik grab ke hotel di daerah Ratchathewi(pertimbangan milih hotel di daerah ini karena akses kemana-mana mudah).
Karena agak capek sehingga gua istirahat dulu di hotel. Malemnya gua putusin untuk pergi ke Night Market di Khao San Road. Ini tidak jauh dari Rathathewi bisa kesana menggunakan bus/taksi. Tapi kali ini gua naik grabtaxi. Sebenernya lebih murah pakai taximeter biasa, tapi kebanyakan yang bisa bahasa inggris driver-driver grab/uber, kadang kesulitan untuk ngasi tau tujuan ke driver taximeter non uber/grab. Actually, disini surga nya buat bule-bule dan turis korea buat makan dan minum-minum dengan musik yang asik karena night marketnya kayak pub-pub. Gua menikmati musik-musiknya tapi gua kayak saltum abis kesini(kayaknya sepanjang jalan ini gua doang dong yang kerudungan?) wkwk akhirnya gua hanya jalan terus menelusuri jalan khao san ini dan karena laper gua makan di burger king di baan chart.

Baan chart itu sebenernya hotel tapi depannya starbucks trus pub restaurant sama burger king, ada live music nya juga, betah banget gua lama-lama disini ngeliat view design restonya yang asik trus liat orang lalu lalang sambil dengerin live music yang lagunya asik-asik juga.

DAY 2
Pagi-pagi gua bersiap untuk ke Wat Pho dan Wat Arun. Kali ini gua nyobain naik busnya(asli busnya nyaman banget, AC kenceng, rute-rutenya mudah di dapetin di google, dan sangat terjangkau!). Kenek-kenek busnya kebanyakan wanita dan kadangpula supirnya juga wanita. Karena gak mengerti bahasa thailand dan kadang keneknya ga ngerti bahasa inggris jadi tiap kali mau bayar cuma naruh recehan di tangan trus nanti mereka ambil sejumlah uangnya(tarif bus menyesuaikan berapa jauh jaraknya sehingga tarifnya gak pasti). Tapi rata-rata cuma 8 baht!! 3000an rupiah sama kayak tarif bus di Indonesia. Karena gabisa baca tulisan thailand nya, jadi yang gua liat nomor bus nya, rutenya jelas sama seperti yang di info in di google.
Pertama, gua ke Wat Pho. Tarif masuk di Wat Pho adalah 100 baht trus dapet welcome drink mineral water. Beberapa foto hasil jepretan gua di Wat Pho:

Welcome drink
(didinginin dulu dicelupin ke es sebelum di bagiin ke pengunjung
asli seger banget kek air zam-zam)

Sejatinya orang kesini untuk beribadah namun mayoritas yang ada disini adalah turis

sleeping buddha

Beberapa candi-candi kecil yang ukiran warnanya unik-unik

Salah satu sesajen di sebuah patung

Setelah berkeliling seantero Wat Pho, kemudian gua ke dermaga penyebrangan untuk ke Wat Arun. Waktu jalan mau ke dermaga, banyak jajanan pinggir jalan khas thailand yang halal. Ada salah satu pedagang yang neriakin gua, "Pisang goreng, pisang goreng, halal" hahaha orang melayu rupa-rupanya.
Sungai Chao Phraya itu bersih banget! Pemandangannya juga indah banget(saat itu sunset), dan harga sekali jalan untuk boat penyebrangan cuma 4 baht! Asli gua jatuh cinta sama ini tempat. Untuk biaya masuk Wat Arun sebesar 50 baht.
Berikut beberapa foto gua di Wat Arun:

Wat Arun
(foto dari pintu masuk)

Chao Phraya Boat Express
(boat untuk penyebrangan dari dermaga dekat Wat Pho ke Wat Arun)

Pemandangan dermaga-dermaga kecil depan Wat Arun

Wat Arun
(foto dari dermaga sebrang)

Setiap pohon di komplek candi-candi ini dikasi pelindung besi gini
(asli bener juga idenya)

Setelah muter2 di area candi-candi, gua melanjutkan perjalanan lagi dengan bus ke MBK(MahBoonKrong) Mall di daerah siam. Disini nyaman banget buat belanja ditambah murah-murah banget! Kalo mau yang merek2 tinggal jalan ke mall seberangnya ke Siam Discovery(mall ini saling terhubung, ada jembatan penghubungnya).

MBK Center yang langsung terhubung ke Siam Discovery dan BTS.

Setelah belanja dan lapar, kemudian gua ke Talad Neon Night Market(Bukanya hanya hari rabu sampai minggu). Disini banyak jajanan macem-macem. Dan banyak mango2an kesayangan tentunya hahaha. Ga kerasa udah jam 1 malem, kemudian gua pulang naik bus.

DAY 3
Penasaran dengan platinum fashion mall, katanya banyak online shop di Indonesia yang ngambil kulakannya dari mall ini. DAN BENAR SAJA! Asli lah murah-murah kali baju disini. Kebanyakan baju ala-ala korea yang lucu-lucu gitu. Paling seneng di Bangkok dengan gua yang anaknya beser banget, toilet umum disini biliknya banyak dan bersih sekali. Jadi gak antri kalau mau pipis dan gak takut kali-kali toilet nya jorok.
Gua telusuri satu demi satu yang ada disini, dari city complex, pratunam market, trus ke the palladium world shopping. Setelah puas belanja gua kecapean dan balik ke hotel.
Malemnya, gua pergi ke Asiatique night market. Ini adalah night market yang paling gua suka dari semua night market! Tempatnya di pinggir sungai Chao Phraya dan ada biang lala nya yang lumayan besar.

Resto-resto di Asiatique dengan pemandangan aduhai

Bisa juga makan di resto kapal

Pintu masuk Asiatique market
(dari riverfront)

DAY 4
Hari keempat gua bener-bener kecapekan, trus gua flight pagi ke Kuala Lumpur, alhasil ga kemana-mana dan langsung ke airport. Next gua akan cerita-cerita pengalaman yang gua dapetin selama Bangkok :)