Saturday, January 21, 2017

Percayalah sama hasil dari sebuah kesabaran!

Setelah sekian lama gua ga nulis, tiba-tiba gua pengen nulis tentang hasil dari sebuah sabar! Pengalaman ini gua dapetin waktu umroh kemarin. Jadi....

Ar-Raudah, rumah Rasulullah 'alaihi Wassalam, berada dalam masjid Nabawi, sering dikenal dengan green dome dan juga di dalamnya beralaskan karpet hijau, berbondong-bondong, berdesak-desakan, orang dari penjuru dunia yang tidak mau kalah satu dari yang lain ingin mengunjungi dan menunaikan sholat hajat di dalamnya.


Suasana saat masuk Ar-Raudah, harus antri, biasanya digolongin antara orang-orang melayu(Indonesia, Brunei, Malaysia, dan sekitarnya), turkish(Turki, Uzbekistan, dll), India, dll. Yang gua takjub disini, semua orang gamau kalah. Waktu kali pertama gua kesini, budhe gua dilingkari sama orang Turki yang notabene gedhe-gedhe peringainya, mereka mau menuju exit(posisi silang jadi terkesan menghalangi jalan), sampe beliau terduyung-duyung sambil menahan nangis. Haru, gua sangat haru.  Trus gua sama Fira(sepupu gua) dan mamanya berusaha buat ngeluarin budhe, narik-narik budhe biar bisa sholat di shaf depan yang setidaknya lebih sedikit orang lalu lalang meskipun susah sekali buat mencapai shaf depan.
Dengan kesabaran didesak-desak, Alhamdulillah ya Allah, atas ijinMu, gua bisa sholat di shaf yang depan-depan, trimakasi ya Allah...

Hari terakhir di madinah, gua sempetin lagi ke Ar-Raudah, Ar-Raudah buat perempuan cuma dibuka sehabis subuh sama sehabis Isya, jadi ga bisa sembarang waktu buat kesana. Gua kalau kesana selalu abis isya, karna kalo pagi masya Allah penuh banget.
Kali ini gua cuma berdua sama Ratih. Gua berusaha sebisa mungkin, hingga pada suatu ketika ada orang India yang bener-bener gamau ngalah, ada orang Turki lagi sholat dia mau ngelangkah gitu aja. Gua yang ngeliat itu secara dekat ngerasa sangat geram, gua teriakin sambil ngejaga orang turki yang lagi sholat itu, "MAM SABR, SABR!",  "She's praying!", "SABR!!!!!", trus dia polototin gua sambil mau nonjok gua. YaAllah bukakanlah jalan pikirannya, dalem hati gua.
Abis dia selesai sholat, orang Turki itu ngebantuin gua sama Ratih, ngejagain gua sama Ratih buat sholat hajat. Subhanalloh, yang awal pertama kemaren gua di desak-desak orang Turki, lalu di akhir gua dibantuin! YaAllah sungguh gua haru, seharu-harunya.... asli gua nangis....

Selama umroh gua selalu berfikir akan sabar, karena segala-gala diuji kesabarannya, dari antri lift di hotel kalo mau sholat, antri makan di hotel(saking banyaknya orang Indonesia di setiap hotel, setiap makan di bagi bagi antara malaysia, Indonesia, India), berebut-rebut bisa sholat di dalam masjid, dll.

ups disuatu kesempatan, waktu makan malem, gua sama ratih semeja sama orang Malaysia. Dia bilang orang Kelantan, dan dia temennya Ustadzah Oky! Kalo ga salah ngartiin, dia itu artis wkwkw tapi gua gapaham artis apaan. "Indonesia team is very good", dia bilang.

Di suatu kesempatan juga, gua sempet ketemu Ruby & Fenny, trus dia bilang inglot di zamzam tower lagi diskon buy 2 get 4. Besoknya, sendirian, gua ke Zamzam tower (setelah beli Al-baik di Hotel Hyatt dan Hotel gua di Ajyad Road, yang dimana itu jauh). Gua susurin dari lantai ke lantai Zamzam tower, ga ada. Trus gua nemu,


Dengan begonya gua masuk, lalu bingung, dan lalu gua baru sadar.... Kalo ini The Body Shop! Lol.
Sampai gua bener-bener capek jalan sendirian (saat itu gua bawa lumayan banyak belanjaan titipan ayah yang agak berat), trus gua beli House Of Donuts.
Baunya enak banget, donut yang paling umum bisa ditemuin di Arab. Satu donut (yang biasa cuma gula) 10 Riyal = 37k IDR, cukup mahal juga buat ukuran makanan di Arab yang kebanyakan murah.

Gua udah capek banget ga nemu-nemu, akhirnya gua putusin buat pindah tower sebelah, Al-Salwah Tower. Yaampun ternyata disini mallnya lebih gedhe dan lebih banyak variasinya. Macem Hartono nya Jogja. Gua susurin juga dari lantai ke lantai (yang dimana ini gedhe banget haffff demi inglot). Ga nemu juga. Pada akhirnya gua bener-bener capek. Trus gua putusin untuk pulang. Gua coba-coba jalan baru. Gua pikir tiap tower itu saling terhubung, tapi ternyata engga. Gua malah nemu jalan buntu di ujung mall. Gua susur-susur jalan kecil. DANNNN GUE NEMU GERAINYA INGLOT! Ternyata bener-bener nyempil di sudut mall. Hari ini terakhir promonya, Alhamdulillah gua bisa nemu tokonya di sisa-sisa hari gua di Makkah (karna besoknya gua udah harus ke Jeddah).

Gua bener-bener berfikir, jika kita sabar dan tawakkal berharap penuh akan kekuasaan Allah SWT, dan tetap selalu berusaha, maka hasil tidak akan mengkhianati ikhtiar kita.
YaAllah jadikanlah kami hambaMu yang selalu bisa Sabar, agar nanti apapun yang kita dapatkan di akhir itulah hasil yang kami puas mendapatkannya :)

2 comments:

11 said...

baru tau kalo di tanah suci ada kejadian kayak gt mba, soalny belum pernah kesana hehe
keren ceritanya

ferranda yonny said...

banyak cerita-cerita yang ga keduga mas, dari yang cuma omongan bisa jadi kenyataan. Makasi ya, semoga mas bisa segera dipanggil ke rumah Allah ya:)

Selamat jalan simbah buyut....

Rabu, 21 Maret 2018 Sore ini, menjelang buka puasa, keluarga gua, keluarga pakdhe, keluarga bulek berencana untuk menjenguk simbah buyut y...